Contoh Slide Presentasi PowerPoint Root Cause Analysis (RCA) yang Menarik

Root Cause Analysis (RCA) adalah salah satu alat yang digunakan dalam problem solving untuk mengidentifikasi akar penyebab masalah dan solusi yang tepat untuk mengatasinya. RCA didasarkan pada gagasan bahwa jauh lebih efektif untuk secara sistematis menyelesaikan masalah secara mendasar, daripada sekadar mengobati gejalanya.

RCA dapat dilakukan dengan beberapa metode yang dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi akar penyebab suatu masalah. Dalam tulisan ini akan dibahas dua diantaranya, yaitu 5 Why’s Analysis dan Fishbone Analysis beserta contoh slide PowerPointnya.

5 Why’s Analysis

Analisis 5 Why’s dikembangkan oleh Sakichi Toyoda, seorang penemu dan industrialis Jepang.

Analisis 5 Why’s adalah alat yang sederhana dan efektif untuk menyelesaikan masalah (problem solving). Tujuan utamanya adalah menemukan alasan pasti yang menyebabkan terjadinya masalah dengan mengajukan beberapa kali pertanyaan “kenapa” secara berurutan.

Pertanyaan kenapa yang berulang ini bertujuan untuk memeriksa masalah secara mendalam hingga menemukan penyebab sebenarnya. Angka ‘5’ ini bukan batasan, hanya disarankan saja agar benar-benar menyentuh akar masalahnya. Ada kalanya sebelum 5 kenapa sudah ketemu, tapi kadang juga lebih dari itu baru menemukan sumber masalahnya.

Fishbone Analysis

Analisis/diagram Fishbone (tulang ikan – karena bentuknya yang mirip tulang ikan), juga dikenal dengan diagram Ishikawa karena pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Kaoru Ishikawa, seorang ahli kontrol kualitas Jepang. Diagram ini untuk membantu karyawan menghindari solusi yang hanya mengatasi gejala dari masalah yang jauh lebih besar.

Diagram Fishbone dapat membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan menyortirnya ke dalam berbagai kategori. Diagram ini adalah cara visual untuk melihat sebab dan akibat.

Masalah atau efek yang ditimbulkan ditampilkan di kepala atau mulut ikan. Kemungkinan penyebab yang berkontribusi terhadap masalah ditampilkan pada tulang yang lebih kecil dalam berbagai kategori penyebab.

Analisis/diagram Fishbone dapat membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah yang mungkin tidak dipertimbangkan dengan mengarahkan tim untuk melihat kategori dan memikirkan penyebab alternatif.

Contoh slide presentasi PowerPoint

Berikut ini beberapa contoh slide presentasi PowerPoint 5 Why’s Analysis dan Fishbone Analysis. Desain slide dibuat menggunakan tool shape yang ada dalam PowerPoint.

Rounded Rectangle

Pentagon dan Rectangle

Arrow

Chevron

Freeform dan Oval

Demikianlah beberapa contoh slide presentasi PowerPoint Root Cause Analysis (RCA) untuk 5 Why’s dan Fishbone. Contoh desain lainnya dapat Anda lihat melalui link di bawah.

Mudah-mudahan bisa menjadi sumber inspirasi buat Anda dalam membuat slide untuk presentasi PowerPoint Anda berikutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *