Contoh PPT yang Menarik untuk Presentasi Anda

Saya sering mendapatkan pertanyaan dari kawan-kawan, “Bro, bagaimana caranya agar presentasi kita menarik?”

Presentasi yang menarik didukung oleh tiga hal yang mesti menarik, yaitu konten, desain, dan penyampaian. Kontennya mesti up to date dan dibutuhkan audiens. Struktur informasinya mesti runut, sehingga mudah dipahami.

Jika memerlukan slide, pastikan slidenya tidak sekadar copy-paste dari dokumen Word ke PowerPoint, tidak penuh dengan informasi dalam satu slide, dan tulisannya bisa dibaca seluruh audiens. Anda menyampaikan presentasinya dengan antusias dan berinteraksi dengan audiens sepanjang presentasi.

Dalam tulisan ini, saya tidak akan membahas lebih dalam ketiga hal tersebut di atas. Tapi, hanya akan fokus ke desain, khususnya desain slide menggunakan PowerPoint atau PPT.

Mungkin ada di antara pembaca yang bergumam, “Ribet amat sama slide. Saya biasanya copy-paste aja dan presentasinya berjalan juga kok.”

Anda betul. Tapi… Ada tapinya… hehehe.

Saya sering mengikuti presentasi yang slidenya seadanya, penuh tulisan yang disalin saja dari Word. Saya dan audiens lain akhirnya sibuk baca slide, presenternya diabaikan. Lama-lama malah pada asyik dengan HP, cek facebok, WA, dll.

Kalau Anda peduli dengan presentasi dan audiens Anda, slide adalah salah satu hal yang bisa Anda buat menarik. Tanpa melupakan dua komponen lainnya.

Saya akan menampilkan beberapa contoh PPT yang menarik berdasarkan kategori slidenya.

  • Title Slide
  • Agenda
  • About Us
  • Vision, Mission, Values
  • Our Team
  • About Me
  • Our Services
  • Timeline
  • Circle Diagram
  • Gear Diagram
  • Arrow Diagram
  • Bulb Diagram
  • Organizational Chart
  • Brush and Splash
  • Mockup Devices
  • Contact Us

Mudah-mudahan bisa menjadi sumber inspirasi dalam mendesain slide presentasi Anda.

Title Slide

Slide judul adalah kesempatan pertama Anda untuk memikat perhatian audiens melalui slide. Anda bisa membuatnya menarik dengan mengkombinasikan penggunakan shape dan gambar.

Agenda

Saya sering mengikuti presentasi yang tidak menyertakan slide agenda. AKhirnya saya jadi kerap bertanya-tanya, kapan kira-kira presentasinya berakhir.

Menurut saya, jangan siksa audiens Anda dengan misteri. Tampilkan saja slide agendanya, agar audiens tahu perkiraan waktunya, apa saja yang akan mereka dengar, dan tidak bertanya-tanya dalam hati.

Anda bisa membuatnya menarik dengan menggunakan shape, gambar, dan ikon.

About Us

Kalau presentasi tentang perusahaan atau usaha Anda, maka slide About Us kerap ditampilkan. Slide ini berisi uraian singkat tapi padat tentang apa yang Anda atau perusahaan Anda lakukan.

Berikut ini beberapa contoh PPT yang menarik terkait slide About Us.

Vision, Mission, Values

Seperti halnya slide About Us, Vision, Mission, Values juga lazim ditampilkan dalam slide presentasi profil perusahaan. Daripada sekadar menampilkannya dengan bullet point, Anda bisa membuatnya lebih menarik dengan bantuan shape dan ikon.

Our Team

Slide our team digunakan untuk menampilkan siapa saja yang ada dalam tim Anda. Anda bisa membuatnya menarik menggunakan foto dari masing-masing anggota tim.

About Me

Kalau ingin menampilkan informasi lebih detail tentang Anda, bisa melalui slide About Me. Bisa juga untuk menampilkan informasi terkait anggota tim Anda. Tinggal mengganti judulnya menjadi nama anggota tim.

Our Services

Slide Our Services digunakan untuk menampilkan jasa apa saja yang Anda atau perusahaan tawarkan ke audiens. Anda bisa membuatnya tampil menarik menggunakan shape, gambar, dan ikon.

Timeline

Sejarah perjalanan atau peristiwa-peristiwa penting perusahaan biasa ditampilkan dalam slide Timeline. Slide ini juga kerap ditampilkan dalam bullet point.

Dengan memadukan shape dengan gambar atau ikon, Anda bisa membuatnya tampil lebih keren.

Circle Diagram

Diagram adalah representasi simbolik dari informasi menggunakan teknik visualisasi. Diagram merupakan cara untuk mengganti visualisasi informasi yang disajikan lewat bullet point dalam slide.

Ada beberapa diagram yang akan saya tampilkan contoh PPTnya, yang pertama adalah Circle Diagram.

Gear Diagram

Arrow Diagram

Bulb Diagram

Organizational Chart

Anda bisa menampilkan struktur organisasi dalam tim atau perusahaan Anda melalui slide Organizational Chart. Agar tampil menarik, Anda bisa memasukkan foto masing-masing dalam slide.

Brush and Splash

Ini adalah contoh PPT yang menarik menggunakan shape yang tidak umum digunakan, yaitu brush dan splash. Semacam efek kuas dan tetesan gitulah.

Mockup Devices

Yang saya maksud Mockup Devices adalah menampilkan gambar dalam device, seperti laptop atau PC, kemudian ada informasi lainnya.

Contact Us

Terakhir dalam presentasi, jangan lupa untuk menampilkan kontak Anda, agar audiens tahu kemana harus mengontak Anda di masa datang.

Demikianlah beberapa contoh slide PPT yang menarik. Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi untuk presentasi Anda berikutnya.

Selain contoh yang saya tampilkan di atas, masih banyak lagi contoh lainnya yang telah saya kelompokkan dalam Template PPT Tematik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *