Jangan Lakukan Ini Saat Presentasi Menggunakan Slide PowerPoint

Saya sering mengikuti presentasi dimana presenternya lebih banyak menghadap ke layar proyektor dan membaca slide yang ditampilkannya. Jarang sekali melihat ke arah audiensnya.

Apakah Anda pernah mengalaminya juga? Atau jangan-jangan pernah jadi pelaku? Hehehe…

Template PPT Profesional

Jika ingin presentasi Anda menarik, sebaiknya jangan melakukan ini saat presentasi. Jangan membaca slide Anda. Kenapa?

  • Anda jadi mengabaikan audiens

Bayangkan bagaimana perasaan audiens saat Anda mengabaikannya karena sibuk membaca slide. Mereka sudah meluangkan waktu untuk mengikuti presentasi Anda, tapi Anda jarang melihat ke mereka. Kontak mata dengan audiens jadi sangat terbatas.

Karena terabaikan, audiens pun akan mengabaikan Anda. Memangnya Anda saja yang bisa larut dalam kesibukan sendiri. Mereka juga bisa larut dalam kesibukan yang lain, misalnya buka FB, IG, TikTok, dll.

  • Audiens membaca lebih cepat dari Anda bicara

Audiens ini kan sudah pada pandai membaca, jadi tidak perlulah Anda membacakan buat mereka. Lagi pula, kecepatan membaca lebih cepat dari kecepatan bicara. Akibatnya, Anda tidak akan didengarkan setelah audiens membaca isi slide.

Lagi pula, kalau hanya perlu dibaca, kenapa repot-repot harus presentasi? Kirim saja slidenya ke audiens agar mereka baca sendiri.

  • Anda jadi monoton dan membosankan

Saat membaca, kita biasanya bicara dengan kecepatan dan nada yang sama. Anda jadi monoton. Dan monoton itu membosankan. Jangan siksa audiens karena terkantuk-kantuk mendengarkan Anda.

Kalau ingin presentasi Anda menarik, jangan membaca slide saat presentasi. Baik itu menggunakan slide PowerPoint atau alat bantu visual lainnya.

Photo by fauxels

Leave a Comment

Your email address will not be published.