Hal Pertama yang Harus Dilakukan Sebelum Membuat Slide Presentasi

Banyak orang yang langsung membuka PowerPoint saat akan membuat slide presentasi. Beberapa di antaranya hanya terpaku saat window PowerPoint terbuka dan menatap slide title yang ada di depannya. Lainnya sekadar menuliskan judul slide dan nama presenter saja. Setelah itu bingung apa yang akan diisi pada slide selanjutnya.

Apakah Anda termasuk tipe tersebut di atas…? Hehehe…

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuka PowerPoint untuk membuat slide presentasi adalah menentukan apa yang ingin Anda capai dengan presentasi Anda. Apa yang Anda ingin audiens ketahui atau lakukan setelah presentasi Anda.

Simpelnya… Tentukan dahulu tujuan Anda melakukan presentasi.

Ini sesuatu yang biasa sebenarnya. Bahkan dilakukan bukan hanya pada saat akan membuat slide presentasi. Tapi, tetap saja kerap dilewati sehingga hasilnya adalah tatap-tatapan dengan slide kosong.

Dengan menetapkan tujuan yang jelas sebelum membuat slide, Anda akan:

  • Memiliki arah yang jelas. Kemana sebenarnya Anda akan membawa audiens Anda. Sehingga isi slide Anda tidak melebar ke mana-mana.
  • Memiliki batasan yang tegas. Apa saja yang perlu dan tidak perlu Anda masukkan dalam slide untuk mendukung pencapaian tujuan presentasi Anda.

Jadi, sebelum tergopoh-gopong membuka PowerPoint untuk membuat slide, coba untuk duduk tenang dulu. Ambil selembar kertas dan tuliskan apa sebenarnya tujuan Anda melakukan presentasi. Apa yang Anda ingin audiens ketahui atau lakukan setelah mengikuti presentasi Anda.

Kalau itu sudah jelas, maka Anda akan dapat membuat slide presentasi dengan mudah dan tepat sasaran. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Leave a Comment

Your email address will not be published.