Contoh Slide PowerPoint Analisis PEST/PESTLE yang Keren

Analisis PEST/PESTLE merupakan alat bisnis strategis yang digunakan oleh perusahaan untuk menemukan, mengevaluasi, dan mengatur faktor ekonomi makro yang dapat berdampak terhadap bisnis di masa sekarang dan yang akan datang.

Alat ini meneliti peluang dan ancaman yang berasal dari Political (politik), Economical (ekonomi), Social (sosial), Technology (teknologi), dan dapat ditambah dengan dua faktor lainnya yaitu Legal (hukum) dan Environmental (lingkungan).

Sebelum melihat contoh slide PowerPointnya, kita tinjau dulu sepintas masing-masing faktornya seperti yang dituliskan dalam blog Oxford College of Marketing.

Political

Sejauh mana pemerintah dan kebijakannya dapat berdampak pada perusahaan. Ini dapat mencakup kebijakan pemerintah, stabilitas atau ketidakstabilan politik, korupsi, kebijakan perdagangan, kebijakan pajak, hukum perburuhan, dan pembatasan perdagangan.

Economical

Faktor ini berdampak pada ekonomi dan kinerjanya, yang pada gilirannya berdampak langsung pada perusahaan dan profitabilitasnya.Termasuk di dalamnya tingkat suku bunga, lapangan kerja atau tingkat pengangguran, biaya bahan baku, dan nilai tukar mata uang asing.

Social

Faktor ini fokus pada lingkungan sosial dan mengidentifikasi tren yang muncul. Ini membantu seorang pemasar untuk lebih memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan mereka. Termasuk di dalamnya adalah perubahan demografi keluarga, tingkat pendidikan, tren budaya, perubahan sikap, dan perubahan gaya hidup.

Technology

Faktor ini mempertimbangkan tingkat inovasi dan pengembangan teknologi yang dapat mempengaruhi pasar atau industri. Mencakup perubahan dalam teknologi digital atau seluler, otomatisasi, penelitian dan pengembangan.

Legal

Perusahaan harus memahami apa yang legal dan diizinkan di dalam wilayah tempat mereka beroperasi. Mereka juga harus mengetahui adanya perubahan dalam undang-undang dan dampaknya terhadap operasi bisnis. Faktor-faktor termasuk undang-undang ketenagakerjaan, hukum konsumen, kesehatan dan keselamatan, serta peraturan dan pembatasan perdagangan internasional.

Faktor politik bersinggungan dengan faktor legal. Namun, perbedaan utama adalah bahwa faktor politik didasarkan pada kebijakan pemerintah, sedangkan faktor hukum harus dipatuhi.

Environmental

Faktor ini berkaitan dengan pengaruh terhadap lingkungan sekitarnya dan dampak dari aspek ekologis. Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya CSR (Corporate Sustainability Responsibility), elemen ini menjadi lebih diperhatikan. Yang termasuk faktor lingkungan seperti iklim, prosedur daur ulang, jejak karbon, pembuangan limbah, dan keberlanjutan.

Contoh Slide PowerPoint Analysis PEST/PESTLE

Berikut ini beberapa contoh slide PowerPoint analisis PEST/PESTLE memanfaatkan tool shape yang ada.

Segiempat

Contoh slide berikut memanfaatkan bentuk rounded rectangle.

Panah

Contoh berikut didesain menggunakan bentuk arrow.

Hexagon

Slide berikut didesain menggunakan bentuk hexagon.

Teardrop

Contoh berikut dibuat menggunakan bentuk teardrop.

Lingkaran

Slide berikut dibuat dari bentuk oval.

Demikianlah beberapa contoh slide PowerPoint analisis PEST/PESTLE. Contoh desain lainnya dapat Anda lihat melalui link di bawah.

Mudah-mudahan bisa menjadi sumber inspirasi buat Anda dalam membuat slide untuk presentasi Anda berikutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *