3 Pertanyaan yang Bisa Menyelamatkan Presentasi Anda di Saat Terjepit

Pernah tidak mengalami waktu presentasi Anda terpangkas gara-gara presenter di depan Anda terlalu lama? Seharusnya Anda presentasi 20 menit, tapi tersisa waktu hanya separuhnya alias 10 menit saja.

Anda mungkin akan panik. Bagaimana caranya agar tujuan Anda tetap tercapai dengan menyampaikan sebagian materi presentasi. Padahal Anda menyiapkan bahan untuk waktu 20 menit. Mana bagian yang mesti disampaikan dan mana bagian yang dibuang saja. Kemungkinan Anda tidak memiliki cukup waktu untuk memikirkan hal itu dalam waktu singkat.

Template PPT Profesional

Akhirnya, Anda tetap presentasi menggunakan materi yang ada dan kemudian berhenti di tengah jalan karena tidak ada waktu lagi. Sebagai presenter, situasi terjepit seperti ini tentu sangat merugikan.

Anda tidak perlu mengalami situasi sulit seperti kejadian di atas jika Anda sudah menjawab 3 pertanyaan berikut saat menyiapkan materi presentasi. Apa saja ketiga pertanyaan itu?

1. Jika Anda memiliki waktu 20 menit, apa 3 poin utama yang akan Anda sampaikan

Ini pertanyaan pertama yang harus Anda jawab saat menyiapkan materi presentasi jika waktu Anda 20 menit. Waktunya cukup longgar sehingga Anda dapat memilih 3 poin utama.

2. Jika Anda hanya memiliki waktu 10 menit, apa 2 poin utama yang akan Anda sampaikan

Jika ternyata waktu buat Anda hanya 10 menit, apa 2 poin utama yang akan Anda sampaikan ke audiens.

3. Jika waktu untuk Anda tersisa 5 menit, apa 1 poin utama yang akan Anda sampaikan

Dan apabila ternyata waktu yang tersisa untuk Anda presentasi hanya 5 menit, apa 1 poin utama yang akan Anda pilih untuk sampaikan ke audiens. Anda harus bisa memilih satu poin penting yang akan membuat tujuan presentasi Anda tercapai di waktu yang terjepit.

Itulah 3 pertanyaan yang harus Anda jawab saat menyiapkan materi presentasi. Saat Anda memiliki jawaban terhadap tiga pertanyaan tersebut, maka Anda tidak akan panik ketika dihadapkan dengan situasi sulit seperti yang saya tuliskan di awal.

Selamat mencoba…

Photo by fauxels

Leave a Comment

Your email address will not be published.